Jakarta, PBOIN – Pengurus Pusat Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN) berdiskusi dengan Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Tubagus Fiki Chikara Satari SE, MM, Rabu (27/10) malam di kantor Kemenkop & UKM, Jakarta.

Diselingi makan malam dan ngopi, diskusi berlangsung konstruktif dan santai.

Dari Pengurus Pusat PBOIN hadir Ketua Umum Hermas E Prabowo, Sekretaris Jenderal Karmawan dan Ketua Bidang Pengembangan Bisnis Bengkel Wahyudi Handayani.

Diskusi membahas berbagai strategi dan peluang pemanfaatan program-program Kemenkop & UKM yang nantinya bisa untuk pengembangan usaha bengkel UMKM anggota PBOIN di Indonesia.

Terutama membahas upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pelaku usaha, pekerja dan mekanik bengkel otomotif UMKM anggota PBOIN, juga membahas peningkatan skala usaha dan keberlanjutan usaha bengkel otomotif UMKM anggota PBOIN.

Fiki Satari senang karena sekarang ada asosiasi bengkel UMKM PBOIN yang menaungi dan menjadi wadah atau sarana pengembangan usaha bengkel otomotif skala UMKM di Indonesia.

“Bengkel otomotif UMKM perlu asosiasi PBOIN yang akan membantu Pemerintah, dalam hal ini Kemenkop UKM, dalam implementasi program untuk mengembangkan UMKM di Indonesia,” jelas Fiki Satari yang juga Komisaris PT Angkasa Pura II.

Hermas menyampaikan kondisi usaha bengkel otomotif UMKM terutama yang di perkotaan nasibnya seperti di ujung duri.

Karena sewaktu-waktu bisa terusir dari lokasi bengkel dan mendadak turun drastis pendapatannya, mengingat 95 persen populasi bengkel otomotif UMKM di kota lokasi usahanya sewa atau mengontrak.

“Banyak kasus usaha bengkel UMKM di kota yang tadinya maju, besoknya mendadak hilang dan punah akibat terusir dari lokasi yang mereka sewa secara tiba-tiba, pindah dan harus membangun lagi dari awal,” jelas Hermas.

Soal lain berkaitan dengan upgrade skill bengkel dan mekanik anggota PBOIN, perubahan mindset bisnis, dan strategi peningkatan usaha bengkel.

PBOIN adalah wadah dan sarana perjuangan pelaku, pekerja dan mekanik bengkel otomotif skala UMKM di Indonesia.

Berkomitmen mengembangkan dan mensejahterakan usaha bengkel otomotif OMKM anggota PBOIN menjadi usaha bengkel yang profesional dan maju (become professional workshop). (WAWAN)

Berita dan Artikel

Nothing Found